30 Desember 2009

Sifat dan Fungsi Kepramukaan

Categories:


Apakah Kepramukaan itu...?
Kalau kita baca buku “B-Ps Out Look” didalamnya terdapat pendapat dari Lord Baden Powe;; yang berbunyi “Scouting is not a science to be selemony studied, no is it a collection of doctrine and texs. No! It its a jolly game in out of doors, where boyman and boy can go adventuring together as leader and younger brother picking up health and happiness, handicraft and herfulness.” Artinya...
Kepramukaan bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari secara tekun, bukan pula suatu kumpulan dari ajaran-ajaran dan naskah-naskah buku. Bukan! Kepramukaan itu hakikatnya adalah suatu proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan pemuda di bawah tanggung jawab orang dewasa yang dilaksanakan diluar lingkungan pendidikan sekolah dan lingkungan keluarga dengan menggunakan Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan.
Kepramukaan sebagai proses pendidikan, harus harus merupakan kegiatan yang dapat dipertanggungjawabkan dan bernilai pendidikan sehingga kegiatannya harus direncanakan, dipersiapkan, dilaksanakan dan dapat dinilai daris egi pendidikan dan kejiwaan.

Sifat Kepramukaan
Revolusi Konferensi Kepramukaan se-Dunia 1924, Kopenhagen denmark menyatakan bahwa kepramukaan mempunyai tiga sifat/ ciri khas, yaitu:

Nasional, yang berarti bahwa suatu organisasi penyelenggara pendidikan Kepramukaan disuatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya dengan keadaan, kebutuhan, kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Bahkan di Indonesia yang sangat luaswialyahnya pendidikan Kepramukaan disesuaikan dengan keadaan dan kepentingan masyarakat setempat. Inilah yang membedakan pelaksanaan pendidikan di daerah-daerah dan di negara-negara lain.

Internasional, yang berarti organisasi Kepramukaan di negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pramuka dan sesama manusia tanpa membedakan kepercayaan/ agama, golongan, tingkat, suku dan bangsa.

Universal, yang berarti bahwa Kepramukaan dapat dipergunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja yang dalam pelaksanaan pendidikannya selalu mempergunakan Prinsip Dasar dfan Metodik Pendidikan Kepramukaan.

Fungsi Kepramukaan
kegiatan menarik bagi anak dan pemuda. Kegiatan menarik (game) disini maksudnya adalah kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Game disini berarti permainan yang mempunyai tujuan dan aturan permainan jadi bukan hanya bersifat hiburan tanpa aturan, tujuan dan bernilai pendidikan.

pengabdian, (job) bagi orang dewasa. Bagi orang dewasa Kepramukaan bukan lagi permainan, melainkan sutau tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

alat (means) bagi masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan bagi organisasi untuk mencapai tujuan. Jadi kegiatan Kepramukaan yang diberikan sebagai pelatihan berkala dalam satuan Pramuka itu sekedar alat bukan tujuan pendidikan.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Sifat dan Fungsi Kepramukaan"

Posting Komentar